Kid Game

Beberapa contoh permainan yang dapat di lakukan untuk kegiatan tingkat anak - anak dari usia 5 tahun s/d 9 tahun, kegiatan ini dapat menambahkan suasana family gathering menjadi semakin akrab di antar keluarga - keluarga yang melakukan liburan bersama.

Pada kegiatannya setiap anggota keluarga ( para orang tua ) pun dapat di libatkan dalam permainan ini karena secara mentalitas akan menambahkan keberanian serta percaya diri pada anak - anak, sehingga kegiatan ini menjadikan sarana pembelajaran diri untuk anak anak dalam hubungan sosial.
Contoh permainan yang sangat mudah dan dapat di gemari oleh anak anak seperti :


Nama Permainan kereta balon :
 
Permainan ini di lakukan di lapangan atau daerah yang luas, siapkan daerah permainan untuk menentukan garis start dan finish dengan jarak kira kira 10 meter. Permainan ini menarik dilakukan dengan peserta minimal 15 orang dan di bagi menjadi 3 kelompok bermain yang masing masing kelompok menjadi 5 peserta.

Alat alat yang di butuhkan:

Baloon yang sudah di tiup dan di dalamnya terisi sedikit tepung, tali rapia (untuk garis start dan finish), peluit (untuk juri).

Cara bermain :

Seluruh Peserta baris berbanjar , tangan mereka masing masing memegang bahu teman yang di depannya, dan dari peserta ke peserta di berikan balon lalu di simpan atau di himpit balon tersebut di antara perut peserta dengan punggung peserta lainnya tanpa harus di pegang oleh tangan mereka. Kemudian tentukan bahwa setiap barisan sudah siap berada di garis start untuk kompetisi berjalan bersamaan tanpa harus putus barisannya sampai ke garis finish atau dapat pula di lakukan dengan berjalan secara 2 balik atau lebih, penentuan pemenang adalah kelompok yang mencapai garis finish dengan jumlah balon yang masih utuh atau terbanyak.

Main set kegiatan ini :

Dapat melatih kekompakan peserta dalam kondisi saat itu memerlukan keseimbangan untuk menghimpit  beban secara soft action sambil berjalan untuk  mencapai tujuan 

Nama permainan Treasure Word :

Permainan ini di lakukan di daerah yang luas atau daerah yang masih banyak pepohonannya agar mudah dalam persiapan untuk menyembunyikan klue klue yang nantinya akan di cari oleh peserta.

Alat
yang di butuhkan: 
Kertas origami (di bentuk bendera), tulisan W_I_N_N_E_R atau J_U_A_R_A pada kertas HVS (di potong potong setiap satu hurup), dobel teap (untuk menempelkan hurup hurup pada bendera).

Cara bermain :

Peserta minimum 9 orang dapat di bagi menjadi 3 kelompok peserta bermain. Setiap peserta harus mencari dan mengumpulkan bendera yg sudah di tempeli hurup satu persatu ,  lalu setelah terkumpul semua bendera di  gabungkan dan di susunlah hurup hurup terpisah di antara bendera sehingga menjadi satu suku kata, sebelum permainan di mulai panitia sudah harus menyembunyikan bendera  tersebut secara terpisah..

Ketua kelompok membagi tugas kepada anggotanya untuk mencari bendera bendera yang tersembunyi atau di hitung berapa jumlah bendera / hurup yang di sembunyikan , apabila kata yang di gunakan WINNER maka jumlah bendera harus sesuai dengan jumlah hurup itu adalah 6 bendera / hurup, apabila JUARA maka hurup / bendera ada 5 saja. Untuk penentuan pemenang yaitu Kelompok yang tercepat mengumpulkan jumlah bendera dan menyusunnya menjadi satu kata WINNER / JUARA adalah sebagai kelompok yang berhak mendapatkan hadiah .


Mine set kegiata ini :
Pembelajaran tanggung jawab dari setiap individu yang memiliki target untuk menyelesaikan  permasalahan /
misi penting .

Selamat mencoba